SOSIALISASI COVID 19 MASA PANDEMI KE ENDEMI

  • KEBOBANG.WONOSARI
  • Aug 23, 2022

Kegiatan ini dilaksanakan atas dasar kebutuhan masyarakat akan informasi Covid 19 pada saat ini yang menuju endemi.Dan giat ini dari 8% Dana Desa yang bersumber dari APBDes Tahun anggaran 2022.

Pengertian Pandemi, Epidemi dan Endemik

Baik pandemi, epidemi dan endemik merupakan istilah kesehatan yang digunakan untuk mendeskripsikan penyebaran wabah penyakit. Wabah atau outbreak adalah meningkatnya kasus penyakit lebih dari angka yang diprediksi pada wilayah tertentu. Contohnya adalah penyakit yang disebabkan oleh kontaminasi Salmonella (2). Berikut ini merupakan pengertian dari pandemi, epidemi dan endemik:

  • Pandemi: Menurut WHO, pandemi terjadi ketika penyakit tertentu memiliki pertumbuhan eksponensial, yaitu tingkat penyebarannya selalu meningkat, dan setiap hari selalu ada kasus baru yang bertambah. Dinyatakan sebagai pandemi, virus tidak ada hubungannya dengan virologi, kekebalan populasi, atau keparahan penyakit. Ini berarti virus mencakup wilayah yang luas, mempengaruhi beberapa negara dan populasi (1).
  • Epidemi: Epidemi merupakan peningkatan tak terduga dalam jumlah kasus penyakit di wilayah geografis tertentu. Demam kuning, cacar, campak, dan polio adalah contoh utama epidemi yang terjadi sepanjang sejarah Amerika. Khususnya, penyakit epidemi tidak harus menular. Misalnya, demam West Nile dan peningkatan pesat tingkat obesitas juga dianggap sebagai epidemi. Dalam istilah yang lebih luas, epidemi dapat merujuk pada penyakit atau perilaku terkait kesehatan tertentu lainnya (misalnya, merokok) dengan tingkat yang jelas di atas kejadian yang diharapkan di suatu komunitas atau wilayah (1).
  • Endemik: Endemik adalah wabah penyakit yang terjadi secara konsisten tetapi terbatas pada wilayah tertentu. Kondisi endemik ini membuat tingkat penyebaran penyakit dapat diprediksi (1). Contohnya adalah penyakit Malaria, yang saat ini dianggap sebagai endemik di negara dan wilayah tertentu, karena penyakit ini tetap ada meskipun jumlahnya terbatas (3).

Jangan Keliru, Endemik dan Epidemi Berbeda

artikel bisa di baca di https://www.redoxon.co.id/solusi-untuk-daya-tahan-tubuh/pandemi-epidemi-dan-endemik-apa-perbedaannya/